Senin, 02 Mei 2016

tips mengatasi batuk pada bayi dan balita

yuks dibaca kakak , nih ayu bagiin tips mengatasi batuk buat si dedek biar batuk nya cepet sembuh, cekidoooot.................Tips Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak Balita
Tips Mengatasi Batuk pada Bayi dan Anak BalitaMengatasi batuk pada bayi tidak boleh dilakukan sembarangan. Meskipun kelihatannya sepele, perlu diingat bahwa daya tahan tubuh bayi masih sangat lemah. Cara pengobatan sakit pada bayi tidak boleh disamakan dengan orang dewasa, tidak dianjurkan untuk coba-coba menggunakan obat orang dewasa pada bayi meskipun dalam dosis kecil. Banyak sekali jenis obat batuk yang tersedia dan memang diformulasikan untuk bayi dan anak-anak. Namun perlu Anda perhatikan juga bahwa mengatasi batuk pada bayi 1 bulan jelas berbeda dengan cara mengatasi batuk pada anak balita yang usianya sudah lebih dari satu tahun. Oleh karena itu tidak disarankan untuk memberikan bayi ataupun anak balita Anda sembarang obat batuk, selalu baca petunjuk penggunaan terlebih dahulu, dan akan lebih baik jika dikonsultasikan pada dokter.
Daya tahan tubuh yang masih lemah menyebabkan bayi bisa dengan mudah terserang sakit, oleh karena itu kesehatannya harus benar-benar dijaga dan diperhatikan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun batuk dianggap sebagai sakit ringan, sering juga dikaitkan dengan pertanda atau gejala adanya penyakit lain di dalam tubuh, termasuk juga penyakit berat. Selalu waspadai batuk yang dialami oleh anak Anda, terutama bagi bayi dan juga anak usia balita.

Bagaimana Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan saat bayi Anda menderita sakit batuk. Mulai dari obat-obatan dokter, obat herbal dan juga obat tradisional. Di Indonesia sendiri, dahulu obat batuk tradisional lebih sering digunakan untuk mengatasi batuk pada bayi ataupun pada anak balita. Meskipun sama-sama obat, namun obat tradisional dipercaya lebih kecil risikonya untuk anak dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Berikut ini adalah beberapa tips dan obat alami untuk meredakan batuk pada bayi.
  1. Jeruk Nipis + Madu
Bagi bayi yang berusia diatas satu tahun, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan minuman hangat campuran jeruk nipis dan madu. Campuran madu dan jeruk nipis ini akan meredakan gatal pada tenggorokan dan mampu merangsang keluarnya air liur yang dapat meredakan batuk pada bayi. Untuk bayi usia 1 hingga 5 tahun resepnya adalah setengah sdt madu dengan sedikit jeruk nipis campurkan pada air hangat. Usahakan untuk meminumkan ini pada bayi saat sebelum tidur. Dapat diminum beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.
  1. Kunyit
Cara mengatasi batuk pada bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan ramuan dari bahan kunyit. Selain biasa digunakan oleh orang dewasa, kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan batuk pada bayi dan balita. Caranya tidak terlalu rumit, bagi Anda yang memiliki bayi atau balita yang masih menyusu, oleskan bubuk kunyit ke payudara sang ibu sebelum si bayi menyusui. Selain itu ada juga cara lain yaitu dengan mencampurkan bubuk kunyit ke dalam susu. Berikan ramuan kunyit tersebut kepada anak yang sakit batuk sebanyak dua kali sehari. Kunyit mampu mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan bayi.
  1. Minyak Tradisional
Ramuan tradisional lainnya yang bisa mengatasi batuk pada bayi adalah minyak tradisional. Minyak yang banyak variannya di Indonesia seperti minyak kayu putih, minyak peppermint, ataupun minyak rosemary, dinilai bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sakit batuk pada bayi dan juga balita. Meskipun tidak dengan cara dikonsumsi seperti dua ramuan sebelumnya, namun cara ini juga dinilai cukup efektif membantu mengatasi batuk pada bayi 5 bulan, 1 tahun ataupun pada balita (tidak ada batasan umur). Jangan oleskan minyak tradisional ini dekat wajah bayi Anda, cukup di bagian dada, terlebih dahulu oleskan dalam jumlah sedikit.
  Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.idAkbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.http://dedaunan.com/mengatasi-batuk-pada-bayi-dan-anak-balita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar